Ada Apa dengan Pendidikan di Indonesia?

Ada apan dengan pendidikan di indonesia , Negara ini termasuk yang mempunyai tingkat kelahiran yang tinggi dimana generasi muda adalah ahrapan untuk mengembangkan negara ini.

Ada Apa Dengan Pendidikan Di Indonesia?

Di era globalisasi telah mengubah cara berfikir masyarakat yang cenderung meninggalkan budaya ketimuran, Pada saat inilah pendidikan menjadi penting. Pendidikan adalah suatu hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan setiap manusia. Dari pendidikan sesorang akan belajar menjadi sesorang yang berkarakter dan mempunyai ilmu pendidikan dan sosial yang tinggi.

Ada Apa dengan Pendidikan di Indonesia?

Pendidikan adalah salah satu hak dan kewajiban yang harus dilaksakan setiap manusia. Dari pendidikan seseorang akan belajar menjadi sesorang yang berkarakter dan mempunyai ilmu pendidikan dan sosial yang tinggi. Kualitas pendidikan di indonesia saat ini sangatlah memprihatinbkan.

Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO 2000 tentang peringkat indeks pengembangan manusia yaitu Komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan , kesehatan dan penghasilan per kepala. Faktanya indeks pengembangan manusia indonesia makin menurun.

Diantara 174 negara di dunia , Indonesia menempat urutan ke 102 thaun 1996, ke 99 tahun 1997 , Ke 105 tahun 1998 dan 109 pada tahun 1999.

Menurut Survei Political dan econimic dan Risk Consultant ( Perc) Kualitas pendidikan di indonesia berada pada urutan ke 12 dari 12 Negara asia. Posisi indonesia berada di bawah vietnam , Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia. Indonesia memiliki peringkat yang rendang.

Memasuki abad ke 21 dunia pendidikan di indonesia heboh , Khebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya pendidikan keterbelakangan ini.

Kemajuan tekhnologi dan perubahan yang ter yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah tengah dunia yang baru , Dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan negara lain.

Oleh karena ini kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara negara lain. Penyebab rendannya mutu pendididikan di indonesia antara lain adalah masalah efektivitas , efisiensi dan standarisasi pengajaran. Hal tersebut masih menajdi masalah pendidikan di indonesia pada umumnya.

Selain kurang kreatifnya para pendidik dalam membimbing siswa , Kurikulum yang sntralistik membuat potret pendidikan semakin buram.

Kurikulum hanya didasarkan pada pengetahuan pemerintah tanpa memperhatikan kebutuhan masyarakat. Pendidikan tidak mampu menghasilkan lulusan yang kreatif. Kurikulum dibuat di jakarta dan tidak memperhatikan kondisi di masyarakat bawah atau di daerah sampai daerah terpencil disana.

Sehingga para lulusan hanya pintar cari kerja dan tidak bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Padahal lapangan pekerjaan terbatas. Masalah mendasar pendidikan di indonesia adalah ketidakseimbangan antara belajar yang berfikir dan perilaku belajar yang merasa efektif.

Belajar bukan hanya berfikir tapi melakukan berbagai macam kegian seperti mengamati , membandingkan , meragukan , menyukai , semangat dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *